Home » , , » Pojok Baca Nahdliyin

Pojok Baca Nahdliyin


pojok baca nahdliyin
POJOK BACA NAHDLIYIN adalah perpustakaan yang menyediakan berbagai macam buku-buku bacaan yang di peruntukkan bagi siapapun yang ingin menambah ilmu.Wa bil Khushush bagi pemuda dan pemudi Nahdliyin.

Selain itu,Pojok Baca Nahdliyin juga menjadi sebuah washilah untuk menyebarkan pemikiran,wacana,metode berfikir dan pemahaman Keislaman yg Hanif atau lurus,toleran,beradab sekaligus Berbudaya.

kenapa harus dinamakan pojok baca Nahdliyin ? Pertama,background pendirinya memang berasal dari warga NU kelas Alit.
kedua,ciri khas Beragama yg lurus,beradab dan menghargai Nilai nilai luhur Budaya setempat tentu menjadi ciri khas Nahdlatul ulama.

Buku-buku bacaan yang tersedia di perpustakaan mini tersebut,berasal dari beberapa donatur (bukan berupa uang) yang ikhlas menyumbangkan buku koleksinya untuk menambah koleksi Pojok Baca Nahdliyin.Beberapa donatur juga berasal dari PBNU (Pengurus Besar Nahdlotul Ulama).salah satunya adalah ketua umum PBNU,Romo KH.SA'ID AGIL SIRADJ.

Mengenai Konsep berdirinya Pojok Baca ini relatif bebas.bebas dalam artian siapupun bisa mendirikan Pojok Baca ini tanpa melihat status sosial mereka.dari segi lokasipun tidak ada batasan,dimanapun bebas di dirikan Pojok Baca ini.

TUJUAN BERDIRINYA POJOK BACA NAHDLIYIN

di awali dari keresahan dan kegelisahan kami melihat makin menguatnya sikap dan sifat radikal sekaligus keras yg mengatas namakan agama.resah dan gelisah karena sikap semcam itu kian mudah menjangkiti kalangan pemuda di Indonesia,khususnya pemuda-pemudi Nahdlatul Ulama.

Dengan mendirikan Pojok Baca Nahdliyin ini,kami berharap setidaknya bisa sedikit membendung arus penyebaran faham-faham radikal tersebut,dengan memberi sedikit referensi bacaan mengenai Islam secara haqiqi.
Sehingga pemahaman tentang Islam tidak hanya sebatas pada sampulnya semata.

Karena menurut kami,Islam jelas tidak mengajarkan hal seperti itu.Islam adalah sebuah agama yg penuh kedamaian dan nilai nilai tasammuh atau toleransi.Dan menurut kami,saat ini yg bisa menunjukkan sikap dan pola beragama yg dilandasi semangat Tasammuh,tawassuth,tawazzun dan I'tidal adalah NU dan pendirian pojok baca ini adalah washilah penyebaran faham,ajaran dan metode Beragama ala NU via Buku....Insya Allah !!

SUMBER DANA PENDIRIAN POJOK BACA NAHDLIYIN

Bagi kami,semangat melebihi apapun ! Ketika di hati telah tertanam Ruhul Jihad maka Insya Allah halangan apapun akan terasa ringan semata.
Kami meyakini itu ! Dananya murni dari kami. Dari PBNU ?? Insya Allah tidak.kalaupun ada,itu bukan berupa uang,hanya beberapa buku saja.

Berdirinya Pojok Baca ini,juga menjadi salah satu realisasi dari Semangat Mencintai Rasulullah Muhammad SAW,panutan kami.dengan berdirinya pojok baca ini,mudah-mudahan bisa menjadi media untuk memperkenalkan warisan Nabi yg utama,Berislam dan Beriman dgn keluhuran akhlaq ! Shollu ala Nabi...

Dan Insya Allah, kelak pojok baca ini akan menjadi pusat dari gerakan penguatan Semangat Berdikari secara ekonomi setelah sebelumnya menjadi Rumah Pemikiran ! BI'IDZNILLAH...

LOKASI POJOK BACA NAHDLIYIN YANG SUDAH BERDIRI

  1. Pojok Baca Nahdliyin Gresik
    perpustakaan nahdlotul ulama
    • Alamat : Jl.Rajawali.Tebuwung,Dukun,Gresik
  2. Pojok Baca Nahdliyin Semarang
    pojok baca
    • Alamat : Dusun Srumbung Gunung,Desa Poncoruso.Semarang
  3. Dalam Proses
    • Desa Jatibarang Kidul Brebes
    • Loloan Jembrana Bali

Berikut ini adalah kutipan lengkap sang inisiator berdirinya Pojok Baca Nahdliyin,Arif Budiman Mahdy,yang berhasil kami rekan saat konferensi pers di kantor pusat Pojok Baca nahdliyin :
  • "Seorang Teman bertanya tentang berdirinya Beberapa Pojok Baca Nahdliyyin yg kini telah berdiri di beberapa tempat.harus diakui,animo teman teman cukup tinggi terkait pojok baca ini...Alhamdulilah.

    Pertanyaan pertama,Apa itu Pojok Baca Nahdliyin ? Konsep berdirinya bagaimana ? Tujuannya apa dan ( Pertanyaan ini yg saya suka nich...hehehe ) pendanaannya bagaimana ?

    Bapak dan Ibu Jamaah Fisbukiyah yg berbahagia ( :D ) Pojok Baca Nahdliyin adalah sebuah tempat,sebuah ruang dan sebuah washilah untuk menyebarkan pemikiran,wacana,metode berfikir dan pemahaman Keislaman yg Hanif atau lurus,toleran,beradab sekaligus Berbudaya.kenapa harus dinamakan pojok baca Nahdliyin ? Pertama,background pendirinya memang berasal dari warga NU kelas Alit dan kedua,ciri khas Beragama yg lurus,beradab dan menghargai Nilai nilai luhur Budaya setempat tentu menjadi ciri khas Nahdlatul ulama. Ini jawaban pertama.

    Kedua,Konsep berdirinya Pojok Baca ini bebas.Ia bebas didirikan oleh siapapun dan dimanapun.contohnya Pojok Baca Nahdliyin yg telah berdiri di Desa Poncoruso Kabupaten Semarang.Pojok Baca ini berdiri di sebuah Masjid dan pendirian ini diinisiasi oleh Seorang Kader Muda NU yg militan,H.Edi Khaylif Kusmanto :D

    Lalu,apa tujuan berdirinya pojok Baca ini sekaligus bgmn pendanaanya ? Tujuannya seperti kami kemukakan diatas,diawali dari keresahan dan kegelisahan kami melihat makin menguatnya sikap sikap radikal dan keras yg mengatas namakan agama.Islam menurut kami jelas tidak mengajarkan hal seperti itu.Islam adalah sebuah agama yg penuh kedamaian dan nilai nilai tasammuh atau toleransi.Dan menurut kami,saat ini yg bisa menunjukkan sikap dan pola beragama yg dilandasi semangat Tasammuh,tawassuth,tawazzun dan I'tidal adalah NU dan pendirian pojok baca ini adalah washilah penyebaran faham,ajaran dan metode Beragama ala NU via Buku....Insya Allah !!

    Dana pendiriannya ?? Bapak dan Ibu...Bagi kami,semangat melebihi apapun ! Ketika di hati tlh tertanam Ruhul Jihad maka Insya Allah halangan apapun akan terasa ringan semata.saya meyakini itu ! Dananya murni dari kami. Dari PBNU ?? Insya Allah tidak...hehehe.Semangat Mencintai Rasulullah kami wujudkan dgn cara kami mendirikan pojok baca ini yg mudah mudahan,menjadi media untuk memperkenalkan warisan Nabi yg utama,Berislam dan Beriman dgn keluhuran akhlaq ! Shollu ala Nabi...

    Dan Insya Allah, kelak pojok baca ini akan menjadi pusat dari gerakan penguatan Semangat Berdikari secara ekonomi setelah sebelumnya menjadi Rumah Pemikiran ! BI'IDZNILLAH..."

Thanks for reading Pojok Baca Nahdliyin

Newest
Next »
Next Post »

2 komentar: