Home » » " Antara Tuhan dan Rempah - Rempah "

" Antara Tuhan dan Rempah - Rempah "



Anda Tahu,Terdapat Kosakata yang berasal dari Bahasa Indonesia dalam Al-Quran ?? Dalam surat Al-Insan ayat 5, terdapat Kata Kafur yang bermakna kapur. Kapur ? Ya...Ini Kosakata dari Bahasa Kita yang " Terserap " dalam Al - Qur'an. " Dan (di surga) orang-orang saleh akan minum, dari gelas, sejenis minuman yang campurannya adalah kapur (barus).

Beberapa Riwayat Sejarah mencatat bahwa Kapur Barus ( Nama Barus diambil dari Nama Sebuah Daerah di Sumatera yang dahulu dikenal sebagai Penghasil Kapur atau Kamper ini). merupakan komoditas Berharga di sebagian besar belahan dunia, dari Cina sampai kawasan Laut Tengah Beberapa Catatan sejarah dari Sumber tertua yang menyebutkan kamper adalah catatan seorang pedagang Cina awal abad ke-4 Masehi, yang menelusuri Jalur Sutra. Di Barat, catatan tertua tentang kamper berasal dari tulisan seorang dokter Yunani yang tinggal di Mesopotamia, bernama Actius (502-578). Sementara itu, kronik Dinasti Liang (502-557) di Cina mengaitkan kamper dengan sebuah daerah yang nanti dikenal dengan Barus.

Bahkan Seorang Filsuf bernama Ptolemaeus yang hidup pada abad pertama Masehi dalam sebuah tulisannya pernah menuliskan tentang Kapur yang berasal dari Barus ini. Ini Artinya,kapur Made in Barus telah dikenal setidaknya sejak abad pertama Masehi, bahkan di Afrika sana. Bahkan mungkin pada abad-abad sebelumnya. Menurut Cerita,kamper adalah salah satu bahan yang juga digunakan untuk memumikan jenazah para fir’aun di Mesir. Wooowww....!!

Seorang Sejarawan dari Prancis bernama Claude Guillot yang pernah melakukan kajian di Barus dalam sebuah karyanya bahkan mengatakan bahwa Kata Kapur ini berasal dari wilayah di Daerah Asia Selatan atau Asia Tenggara. Naaaahhh....Menarik Bukan Data yang diungkapkan oleh Guillot ini ? Mungkinkah ada Kosakata Kapur dari Bahasa Arab bila di Sana sendiri tidak pernah ditemukan ada Daerah yang menghasilkan Kapur kecuali dari Nusantara ini ?

Dari hal tersebut, Saya memahami betapa Al - Qur'an yang turun pada abad ke 6 M menggunakan Kata Kapur ini dalam Sebuah Ayatnya. Pada Saat Itu, Komoditas Kapur Barus adalah Komoditas Mewah di Dunia. Bahkan Tuhan sendiri menjamin bahwa Penduduk Surga akan dijamu dengan minuman yang berasal dari Campuran Kapur Barus ( Isotonik ?? ). Waaahhh....Berbahagialah Orang Barus !! Horaassss...:D

Beberapa Sejarawan seperti Hamka pernah menulis dalam sebuah Karyanya bahwa Orang Islam datang pertama kali pada abad ke 7 di Negeri ini.Padahal, Komoditas dari Negeri ini dan Hanya Special berasal dari Negeri ini telah dikenal dan dipergunakan oleh Masyarakat Dunia pada abad 1 M. Terbukti Ptolemaus pernah menuliskan Kapur Barus dalam sebuah karyanya bukan ?

Menjadi Menarik Kiranya bahwa Melimpahnya Sumber Daya Alam yang berasal dari Negeri ini seperti Kapur Barus hingga Rempah Rempah telah membuat Negeri ini menjadi Pusat Utama Kedatangan Bangsa Bangsa Asing.Beragam Bangsa Asing tersebut dengan latar Belakang Ideologi dan Keyakinan mereka pun pada akhirnya turut pula mewarnai Kulturdan Budaya hingga Keyakinan Masyarakat Negeri ini.

Menjadi Menarik Pula bila kita kaitkan Kedatangan Bangsa Asing tersebut dengan Keinginan Mereka untuk menguasai dan memonopoli hasil Alam dari Negeri ini. Beragam cara mereka gunakan. Mulai cara Halus hingga cara yang Berdarah Darah !

Pertanyaan Saya Adalah : Apakah Tuhan Tujuan Kita atau Rempah Rempah dan Kapur Barus ( Ekonomi ) Sebenarnya Tujuan Kita Beragama?? Tentu Anda Sendiri yang Bisa Menjawab Pertanyaan Tersebut Bukan ?? Hehehehhee...:D
Thanks for reading " Antara Tuhan dan Rempah - Rempah "

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar