Home » » " Tentang Ulama "

" Tentang Ulama "



Apa Itu Ulama ?? Mungkin, hampir Semua Orang jika ditanya makna atau arti Ulama akan Menjawab bahwa Ulama adalah orang yang memiliki wawasan dan Kefahaman yang luas dalam ilmu agama, yaitu orang yang mengerti dan hafal Al Quran, Hadits, ilmu Fikih, hafal berbagai macam doa, dan juga bisa jadi adalah orang yang pintar berceramah.

Pendapat Ini Tidak Salah tapi bila Merujuk pada Bahasa dimana Kata Ulama ini berasal yaitu Bahasa Arab, Bisa jadi makna Pertama itu malah " Terkesan " Mengkerdilkan makna Sebenarnya dari kata Ulama ini. Kata ulama dalam bahasa Arab berasal dari bentuk tunggal “alim” yang berarti : ”Orang yang berilmu ”.bahkan ditambah juga perkataan ‘Allamah " artinya adalah orang yang benar-benar mengerti dan Memahami dengan mendalam hakikat sesuatu.

Tokoh Besar Kita Alm.Almaghfurlah Prof. Dr. H. Abdul Karim Amrullah ( Buya Hamka) bahkan Menuliskan dalam Sebuah Karyanya tentang Ciri Ciri Sosok yang layak disebut Sebagai Ulama ini yaitu Pertama Orang yang takut kepada Allah ialah orang-orang yang berilmu. Pendapat Beliau didasarkan pada Sebuah Ayat dalam Al-Qur'an sendiri yang Menyatakan " Tidakkah kamu memperhatikan bahwasanya Allah menurunkan hujan dari langit lalu Kami hasilkan dengan hujan itu buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat. Dan demikian (pula) di antara manusia, binatang-binatang melata dan binatang-binatang ternak ada yang bermacam-macam warnanya (dan jenisnya). Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama. Sesungguhnya Allah Maha perkasa lagi Maha Pengampun. : QS Al Fathir 35: 27-28 (Buya Hamka, 1984: 300-301).

Sosok Ulama adalah Sosok Yang Takut kepada Tuhan-NYA setelah Tuhan Mengaruniakan Kepadanya Kefahaman dalam Memahami - Mengerti akan Tanda dan Kekuasaan Tuhan melalui Ilmu-NYA !! Sosok seperti ini akan selalu Berjalan dengan Penuh Keikhlasan dan Ketulusan dalam Membimbing Umat menuju Jalan yang diridhoi-NYA dan bukan jalan yang dimurkai-NYA !!
Sosok Ulama adalah Sosok yang Tulus Ikhlas tanpa berharap apapun dan hanya Ridho Tuhan yang Dia cari sebagaimana yang Pernah dinyatakan Oleh Rasulullah SAW " Wahai, Betapa Bahagia Mereka yang Berhati Tulus, Mereka yang Ketika hadir tak dikenal, Mereka yang disaat mereka Pergi mereka dicari kesana kemari. Merekalah Pelita yang Menerangi jalan Lurus. Melalui Mereka,tampak Terang Benderang segala Fitnah Orang yang Dzalim" Hr.Al-Baihaqi ).

 Sosok Ulama Jelas adalah Orang yang Perilaku dan Sikap-NYA mampu Memancarkan Pancaran Ilahiyyah Bagi Sesama. Sosok Ulama setiap Kehadirannya akan mampu membawa Kedamaian bagi Sesama sebagaimana Makna Islam sendiri yang berarti Damai. Islam adalah Kasih.Lalu, Bagaimana Mungkin Orang yang kehadirannya hanya mampu membuat Umat Bermusuhan antar Sesama Muslim dan terhadap Sesama Anak Bangsa lainnya bisa disebut Ulama ?? Sudah Saatnya Aksi Tipu Tipu yang dilakukan para Penista Islam yang kehadirannya membawa Teror dan Keburukan Kita Hentikan Bukan ??
 #TOLAK_DAKWAH_PROVOKATIF_BERJUBAH_ISLAM
Thanks for reading " Tentang Ulama "

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar