Home » » " Sebuah Tanya tentang Makna Ibadah "

" Sebuah Tanya tentang Makna Ibadah "


Dia Bernama Abdullah Bin Mubarrak. Pada saat Musim Haji, Berangkatlah dia untuk Menunaikan Kewajiban Umat Islam tersebut pergi ke Tanah Suci. Setelah Melalui Perjalanan yang Melelahkan,Sampailah Abdullah Bin Mubarak di Tanah Suci. Rasa Letih setelah melakukan Perjalanan Jauh membuat dia tertidur di Serambi Masjidil Haram.
Dalam Tidurnya, Abdullah Bin Mubarak bermimpi melihat Dua Malaikat yang Turun dari langit. Mata Abdullah terus memperhatikan kedua malaikat itu dan tampaknya,Malaikat itu sedang bercakap cakap.
Saudaraku, Tahun Ini ada berapa banyak Orang yang Menunaikan Ibadah Haji ?? Tanya Malaikat Pertama. Malaikat Kedua menjawab Enam Ratus Ribu Orang.
Berapa banyak yang diterima Ibadahnya dari Ribuan Orang Tersebut ??
Hanya Satu Orang !!
Bagaimana yang lain ?
Yang lain Ditolak dan Hanya Satu Orang yang diterima !!
Siapa Dia ??
Seorang Tukang Sol Sepatu dari Damsyik bernama Muwafaq !!
Mimpi Tersebut membuat Abdullah terperanjat. Ia Heran. Enam Ratus Ribu semua ditolak dan hanya Ibadah Haji Tukang Sol Sepatu yang diterima ??
Setelah Menunaikan Ibadah Haji, Abdullah Bin Mubarak Segera menuju Damsyik hanya Untuk Menemui Seseorang bernama Muwafaq tersebut. Lama Mencari, Akhirnya Abdullah Bin Mubarak berhasil menemui Lelaki tersebut dan Terjadilah Dialog diantara Mereka Berdua.
Apakah Anda yang Bernama Muwaffaq ?? Tanya Abdullah.
Benar !! Anda Siapa ??
Saya Abdullah Bin Mubarak. Apa Pekerjaan Anda ?
Saya Seorang Tukang Sol Sepatu !! Kenapa ?
Pertama, Saya Ingin Mengucapkan Selamat !! Saya dengan Tulus Mengucapkan Selamat karena Dari Enam Ratus Ribu jamaah Haji hanya Ibadah Anda yang diterima !!
Astaghfirullah....Anda Menghina Saya Tuan ?? Saya Orang Miskin !! Dan Saya Belum Pernah Naik Haji !! Jadi, Bagaimana Mungkin Anda berkata Ibadah Haji saya diterima ?? ( Muwafaq marah Besar...!! )
Sabar Tuan...Sabar !! Apa Benar Anda Bernama Muwafaq dan Tolong jawab dengan Jujur, Pekerjaan Anda apa sebenarnya dan Di Desa ini apa ada Orang lain bernama Muwafaq dan Punya Pekerjaan Seperti Anda ??
Saya Muwafaq dan Pekerjaan Saya Tukang Sol Sepatu !! Di Desa Ini hanya saya yang bernama Muwafaq dan Tidak ada lagi nama lain dan punya pekerjaan yang sama seperti Saya !!
Apakah Anda Tidak Berkeinginan Haji Tahun Ini Pak ?? Tanya Abdullah.
Saya memang Berniat Pergi Haji tahun Ini Tuan tapi pada Akhirnya Niat tersebut kubatalkan !!
Kenapa ??
Begini Ceritanya " Istriku Hamil Tua. Satu Hari, Dia Mencium aroma masakan yang lezat.Setelah Kucari, Kuketahui aroma tersebut berasal dari Rumah Seorang Janda Miskin yang punya banyak Anak. Karena Ingin menuruti Keinginan Istri yang sedang hamil,Aku beranikan diri untuk meminta Sedikit makanannya.
Lalu ?? Abdullah makin penasaran.
Janda Tersebut berkata bahwa Masakan Itu Halal bagi Mereka dan Haram Untuk Orang lain !!
Kenapa Bisa Begitu ?? Semakin Penasaran Abdullah Bin Mubarak.
Janda Itu Miskin Tuan. Berhari hari anaknya kelaparan.Janda Itu menemukan Bangkai Kambing yang baru saja mati.Daging Bangkai itu disayatnya kemudian dibawa Pulang untuk dimasak dan dimakan bersama anak anaknya. Karena Hal Tersebut, Janda itu akhirnya berkata Masakan Itu halal bagi Mereka dan Haram untuk kami !! Menjerit Hatiku mendengar Ucapan Janda Tersebut. Aku Pulang dan Kuceritakan hal Tersebut pada Istriku. Istriku Menangis. Sungguh...Kami Merasa Berdosa bahkan amat Sangat Berdosa Bila ada Tetangga kami Masih Lapar dan kami malah Egois Beribadah Untuk Diri Sendiri !! Akhirnya, Uang tabungan yang sedianya akan kami gunakan untuk Berhaji itu kami Ikhlaskan Untuk Janda Tersebut.Semoga Uang dari kami bisa mereka manfaatkan dengan baik.
Subhanallah,.....Ternyata Itu yang Membuat Amal kamu diterima ??? Abdullah Bin Mubarak Menangis.
( Heran....Di Negara Ini yang Mayoritas Muslim Berhaji seakan dijadikan Trend ya ?? Orang Seakan Belum Afdol bila Belum Pernah Pergi Ke Tanah Suci. Pergi Ke Tanah Suci di Negara ini juga jadi Trend bagi Para Pejabat yang ( Maaf ) Terkena Kasus Hukum !! Haji dan Umrah dipakai Sebagai alasan menghindari Jeratan Hukum !! Kalo Sudah kayak Gini, Apa gak sayang Uang Segede Itu untuk Ongkos Naik Haji jadi Percuma Bila amal Ibadahnya gak diterima ?? )
Thanks for reading " Sebuah Tanya tentang Makna Ibadah "

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar